Tips Clear Cmos / Reset BIOS Paling Mudah Tanpa Ribet

Cara Clear CMOS / Reset BIOS
Pada artikel sebelumnya telah ditulis Cara Masuk Setting Bios Dan Setting CMOS Laptop dan Komputer. Pada kesempatan ini akan dibahas Tips Clear Cmos / Reset BIOS paling mudah tanpa ribet. Clear CMOS / Reset BIOS merupakan cara untuk merubah setting BIOS kembali seperti semula dari settingan pabrik (defaultnya / setingan dari pabrikannya). Untuk melakukan Clear CMOS / Reset BIOS ini sangat mudah. Anda tidak usah mencabut batery yang ada pada Motherboard tetapi cukup menindahkan posisi jumper CMOS, jumper CMOS ini biasanya terpasang di sekitar batery. 

clear cmos, reset bios
jumper cmos
Jumper tersebut terpasang diatas 3 pin. Untuk setingan awal jumper berada di pin 1,2 sedangkan pin 3 tidak diisi. Jika Anda ingin melakukan clear CMOS / reset BIOS maka Anda hanya lakukan cabut jumper tersebut dan pasang jumper tersebut ke pin 2,3 pin 1 tidak diisi. Setelah itu diamkan komputer kurang lebih 5 menit (untuk lebih memastikan CMOS clear). Setelah itu cabut lagi jumpernya kemudian pasang keposisi semula ke pin 1,2 dan pin 3 tidak diisi. Jangan lupa setelah berhasil clear CMOS / reset BIOS, setting ulang BIOS, jam, tanggal sistem, dan settingan yang lainnya kemungkinan berubah.

Catatan : kalo mau melakukan clear CMOS / reset BIOS komputer harus dalam kondisi mati dan usahakan tidak ada listrik yang menancap ke komputer. Untuk menghindari hubung singkat (konslet). Semoga bermanfaat.
thumbnail
Judul: Tips Clear Cmos / Reset BIOS Paling Mudah Tanpa Ribet
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait hardware komputer :

 
Copyright © 2013. Armadhita Arief About - Contact Us - Services - Privacy Policy
Template Seo Elite oleh Armadhita Arief