File Video Tidak Bisa Diputar? Ini Penyebabnya Yang Wajib Kita Tahu

Penyebab File Video Tidak Bisa Diputar

Anda baru saja mendownload file video menarik. Anda merasa senang dan ingin segera memutarnya. Tapi ternyata file tersebut tidak bisa dibuka. Sebenarnya apa penyebab file video tidak bisa diputar?

Tidak adanya codec file video tersebut.

Codec merupakan suatu software yang bertugas mengkompresi dan mendekompresi suatu file. Ketika file multimedia disimpan, file tersebut akan dikompresi agar ukurannya tidak terlalu besar. Dan ketika file tersebut diputar, codec akan mendekompresi file tersebut.
Suatu media player belum tentu memiliki semua codec. Jadi apabila file video tersebut diputar dengan media player tanpa codec yang cocok, tentu saja file tersebut tidak bisa dibuka atau diputar.
Solusi untuk penyebab video tidak bisa diputar pertama ini adalah menggunakan media player dengan codec yang cocok. Rekomendasi saya untuk media player yang cukup kaya dengan berbagai codec adalah:
file video

1. Windows Media Player Classic (K-Lite Codec Pack)
Anda mendownloadnya gratis di website resminya. Setelah Anda install, WMPC akan menambahkan codec ke WMP default Anda. Dengan demikian WMP default dapat membuka file video yang lebih banyak formatnya. Jika tidak mau menggunakan WMP default, Anda juga dapat menggunakan WMPC.

2. Real Player
Favorit kedua saya. Kebanyakan file video saya yang tidak bisa diputar dengan WMPC, dapat diputar dengan Real Player. Bengan WMPC, pada Real Player Anda harus membuka file tersebut dengan aplikasi Real Player.
Untuk mendapatkan Real Player, silakan download gratis di website resminya. Ada dua versi Real Player, gratis dan berbayar. Namun menurut pengalaman saya, versi gratisnya sudah cukup bagus.

3. Quick Time
Selain berfungsi sebagai media player, Quick Time juga dapat menjadi add-on web browser. Terkadang ada file-file tertentu yang hanya bisa dibuka dengan web browser ber add-on Quick Time. Untuk mendapatkan Quick Time, silakan download di website aslinya.

File corrupt. Ya.. video tidak bisa diputar karena File Corrupt
Penyebab lain video tidak bisa diputar adalah file nya corrupt. Jika file sudah corrupt, mau tidak mau Anda harus mendapatkan kembali file tersebut. Entah dengan copy atau download ulang.
Untuk mengetahui file corrupt atau tidak, Anda dapat membandingkan file size file tersebut dengan file size yang tertera di website penyedia file. Jika jauh lebih kecil, biasanya file tersebut corrupt.
Semua cara sudah dicoba, tapi tetap saja video tidak bisa diputar
Apabila Anda sangat yakin telah melakukan berbagai usaha, dan yakin file video tersebut tidak corrupt, jalan terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah format video tersebut (converting).

Demikian penyebab file video tidak bisa diputar. Semoga bermanfaat
thumbnail
Judul: File Video Tidak Bisa Diputar? Ini Penyebabnya Yang Wajib Kita Tahu
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kumpulan software terbaru :

 
Copyright © 2013. Armadhita Arief About - Contact Us - Services - Privacy Policy
Template Seo Elite oleh Armadhita Arief