Cara Mengatasi Komputer Lambat / Lemot Paling Manjur

Keluhan apa yang paling sering ditemukan dalam perkantoran yang cukup membosankan bagi para IT support, yaitu menanggapi masalah misalnya seperti ini “Komputer Lambat / Lemot”, sebenarnya apa sih penyebab komputer lambat / lemot?

Pada post kali ini saya akan berbagi Cara Mengatasi Komputer Lambat / Lemot Paling Manjur, sehingga performa komputer pun meningkat :

komputer lambat / lemot

1. Spyware
Pertama menganalisa komputer yang melambat / lemot adalah Spyware. karena pada bagian ini komputer paling mudah di susupi dan banyak user yang berinteraksi denganya (secara tidak langsung), spyware berasal dari banner-banner dan iklan-iklan di suatu halaman web yang mulai beraksi saat kita mengakses halaman /banner tersebut melalui sebuah browser yang memiliki celah keamanan yang tidak bagus. Untuk menghapus Spyware bisa dengan cara :
  • Identifikasi dan non aktifkan service yang bersangkutan melalui management console  
  • Identifikasi dan non aktifkan service yang ada di startup item dengan sistemconfiguration utilty
  • Cari dan hapus entry di registry yang ada pada startup
  • Identifikasi dan hapus file yang mencurigakan   
  • Install dan gunakan spyware detection dan removal.
2. Processor Overheating
Kebanyakan modern prosesor mudah menghasilkan panas, prosesor masa kini membutuhkan pendingin khusus dan jenis fan khusus, pada saat tempratur prosesor meningkat melampaui batas, sistem komputer akan melambat  dan  proses pada komputer akan  berjalan  lambat,   modern motherboard dapat memonitor dan mengatur tempratur prosesor, yang dapat dilakukan melalui bios. Ini penyebab komputer lambat karena overheating : 
  • Debu yang menghambat perputaran kipas secara smooth  
  • Fan motor rusak  
  • Bearing fan ada yang aus sehingga fan “jiggling”
3. RAM yang buruk
Beberapa situasi komputer lambat / lemot dapat juga karena pengaruh ram yang buruk, diantaranya :
  • RAM timing lebih lambat dari spesifikasi mesin yang optimal   
  • RAM yang memiliki nilai minor hanya bisa dilihat setelah melalui beberapa test 
  • RAM terlalu panas
4. Harddisk Fail
Mendeteksi harddisk masih dalam keadaan bagus atau ngga itu gampang gampang susah, biasanya paling sering di windows xp slalu muncul “Windows delayed write failure” saat harddisk  mengalami kegagalan, nah disaat itulah kita mulai mensiasati ada apa gerangan di harddisknya, pertama kita bisa melakukan scan dengan chkdsk, sampai kita memeriksa fisik harddisknya. biasanya fisik harddisk dapat dilihat dari bunyinya, semakin berisik berarti menandakan komponen komponen di dalamnya ada yang mulai longgar, kita bisa juga menggoyang goyang harddisk ke kiri kanan dan mendengarkan bunyinya, jika ingin menggunakan tools dan mengecek kondisi harddisk secara berkala kita bisa menggunakan tools hddlife, ada yang gratis ada yang bayar. 

5.Bios Setting
Secara umum settingan bios yan perlu diperhatikan untuk mengatasi komputer lambat adalah :
  • Boot langsung ke harddisk  
  • Disable IDE drive yang tidak terpakai  
  • Set speed latency RAM  
  • Matikan IO / IRQ perangkat onboard yang tidak dipakai  gunakan fast post
6. Disk Fragmentation
Sebagaimana karakteristik file dalam sebuah komputer pasti mengalami proses file add, edit, atau di hapus, hal tersebut dapat menyebabkan fragmentasi di beberapa sektor harddisk sehingga mengakibatkan komputer lambat / lemot, untuk itu kita perlu merapihkan data di komputer kita, yaitu dengan mendefrag nya. jika kita menggunakan windows xp, kita  bisa  menggunakan defrag.exe dan meletakanya di schedule agar dapat berjalan pada waktu yang kita tentukan.
thumbnail
Judul: Cara Mengatasi Komputer Lambat / Lemot Paling Manjur
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait hardware komputer :

 
Copyright © 2013. Armadhita Arief About - Contact Us - Services - Privacy Policy
Template Seo Elite oleh Armadhita Arief